MA MA'ARIF AMBULU

Jalan KH. Hasyim Asy'ari No. 02 Dusun Langon Desa Ambulu

e-gsm.edumate.id/schools/ma-maarif-ambulu

Status Pendaftaran :

Buka

Kouta Siswa Tersisa :

199

Profil

Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu berdiri tanggal 01 Juli 1979. Sebelum Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu berdiri dengan melalui cara yang berliku-liku, muncul gagasan berdirinya Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu oleh warga Nahdliyin dan tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama’ (NU) Kecamatan Ambulu. Secara kultural dan secara struktural adalah pengurus Majelis Wakil Cabang ( MWC ) NU Kecamatan Ambulu. Sejak tahun 1977 warga dan tokoh NU sudah berencana mendirikan Lembaga Madrasah Aliyah setingkat SMA untuk mempersiapkan tamatan dari MTs dan SMP, melalui beberapa rapat dan koordinasi terus menerus sampai tahun 1978 masih belum terwujud.
Namun dengan getalnya seorang tokoh tanpa mengenal lelah bernama bapak Munasrib dengan dibantu oleh beberapa tokoh yang lain diantaranya : Bp. Saiful Islam, Bp. Al Ghani, dapat menggagas dan membentuk susunan pengurus Madrasah Aliyah Ma’arif dengan susunan sebagai berikut :
Penasehat : Ketua Syuryah/Tanfidiyah NU Kecamatan Ambulu
Ketua : Ach. Chalil ( Sabrang )
Wakil Ketua : Abd. Ghafar ( Sabrang )
Sekretaris : Idris Musa ( Kauman )
Wakil Sekretaris : Moh. Qasim A.G. ( Sabrang )
Bendahara : H. Kaulan ( Karang Anyar )
Pembantu-pembantu : Semua ketua Ranting NU Se-Kecamatan Ambulu
 
         Dengan terbentuk susunan pengurus Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu, maka pada tanggal 01 Juli 1979 berdirilah sebuah lembaga pendidikkan Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu. Awal pelaksanaan proses belajar mengajar pada tahun 1979 bertempat di MTs. Ma'arif Ambulu barat pasar hewan Tegalsari Ambulu Jember, terus dari tahun 1981 sampai dengan tahun 1982 dilaksanakan di MIMA Miftahul Ulum Kauman Ambulu Jember.
          Gedung MA. Ma'arif Ambulu didirikan diatas tanah wakaf seluas 1.400 m2, di Dusun Langon Kecamatan Ambulu dan di tempati pada tahun 1982, ini semua terlaksana sangat baik karena perjuangan para Pengurus NU, Dewan Guru beserta seluruh keluarga besar Nahdlatul Ulama.
Berkat kerja keras, Ilmu dan Doa mereka yang senantiasa mengiringi langkah kita sehingga Madrasah Aliyah Ma'arif Ambulu menjadi Madrasah yang besar dan berkualiatas, semoga MA. Ma'arif Ambulu Menjadi Madrasah Unggulan.

Visi

Visi Madrasah
Visi Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu yaitu “Terwujudnya madrasah religius, berprestasi, siap kerja.”

INDIKATOR VISI
1.    Religius

  • Unggul dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan.
  • Unggul dalam berakhlaqul karimah.

2.    Berprestasi

  • Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik siswa diatas rata-rata madrasah/sekolah sekitar.
  • Unggul dalam penyediaan sarana dan prasarana dengan layanan yang lebih lengkap.
  • Unggul dalam proses pembelajaran dengan waktu belajar yang lebih panjang.
  • Unggul dalam penerimaan siswa baru.
  • Unggul dalam dukungan dan animo masyarakat luas.

3.    Siap Kerja

  • Unggul dalam penyiapan lulusan yang siap kerja.

Misi

Misi Madrasah

Untuk mencapai visi di atas, maka madrasah kami memiliki misi:

1.    Religius     

  • Melaksanakan penguatan iman dan taqwa kepada Allah SWT berdasar aqidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah.
  • Melaksanakan kegiatan peringatan hari-hari besar Islam.
  • Menumbuh-kembangkan kebiasaan berakhlaqul karimah dengan membudayakan 4S (senyum, sapa, salam, salim), sholat sunah, puasa sunah, istighotsah dan tahlil serta ibadah-ibadah lain bagi semua warga madrasah.
  • Melaksanakan pembacaan surat-surat pilihan dalam al-qur'an di setiap awal kegiatan belajar mengajar.

2.    Berprestasi          

  • Meningkatkan prestasi akademik melalui olimpiade mata pelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.
  • Menyediakan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa serta untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler.
  • Melaksanakan pengembangan kurikulum untuk meningkatkan kualitas proses kegiatan belajar mengajar.
  • Mengupayakan terciptanya lingkungan belajar yang rapi, bersih, indah, nyaman, aman dan tertib selama proses belajar mengajar berlangsung.
  • Melaksanakan proses belajar mengajar dengan mengacu standar yang ditetapkan pemerintah berdasar perencanaan yang disusun oleh guru serta evaluasi hasil belajar yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Melaksanakan penerimaan siswa baru dengan seleksi berdasarkan kriteria tertentu dan prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan dan keagamaan bersama lingkungan / masyarakat sekitar madrasah.

3.    Siap Kerja 

  • Melaksanakan pendidikan life skills melalui program ekstra kurikuler: otomotif, elektronika, tata rias dan tata boga.
  • Melaksanakan kegiatan pengalaman kerja.
  • Mengadakan/membuka akses layanan informasi/bursa tenaga kerja.
  • Melakukan koordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja melalui Dinas terkait.